Selasa, 03 Juli 2012

Teknologi Wireless

TEKNOLOGI WIRELESS

Wireless atau wireless network merupakan sekumpulan perangkat elektronik  yang saling terhubung antara satu dengan lainnya sehingga terbentuk sebuah jaringan komunikasi data dengan menggunakan media udara/gelombang sebagai jalur lintas datanya. Jika LAN masih menggunakan kabel sebagai media lintas data, sedangkan wireless menggunakan media gelombang radio/udara.
Macam-macam type dari teknologi wireless antara lain :
1.   Wireless Personal Area Network (WPAN), mewakili teknologi personal area    network wireless seperti:
•    Radio Frequensi (RF)
•    Infra Red  (IR)
•    Bluetooth
2.   Wireless Wide Area Network (WWAN), WWAN meliputi teknologi dengan daerah jangkauan luas seperti selular 2G, 3G, 4G, Cellular Digital Packet Data (CDPD), Global System for Mobile Communications (GSM), dan CDMA.
3.   Wireless Local Area Network (WLAN), WLAN, mewakili local area network wireless, termasuk diantaranya adalah 802.11, HiperLAN, dan beberapa lainnya.

IEEE 802.11
IEEE 802.11 adalah standar yang diberikan IEEE (Institute of Electrical and Electronics Engineers) untuk penggunaan jaringan wireless (Wireless Local Area Networks – WLAN)
Terdapat tiga varian terhadap standard atau protocol tersebut yaitu:
1.    802.11a
2.    Standar 802.11b
3.    Standar 802.11g
4.    Standart 802.11n

 

 
 Tabel 1. Perbandingan standar jaringan 802.11

Diagram skematik dari dua aplikasi pada wireless LAN dapat diperhatikan pada gambar di bawah ini :
 

Jenis-jenis Perangkat keras (Hardware) Wireless :
•    Access Point, Access Point ini berfungsi sebagai konverter sinyal radio yang dikirimkan menjadi sinyal digital yang akan disalurkan melalui perangkat WLAN lainnya untuk kemudian akan dikonversikan kembali menjadi sinyal radio oleh receiver.
•    Wireless LAN Interface, Alat ini biasanya merupakan alat tambahan yang dipasangkan pada PC atau Laptop.
•    Mobile/Desktop PC, Perangkat akses untuk pengguna (user) yang harus sudah terpasang media Wireless LAN interface baik dalam bentuk PCI maupun USB.
•    Antena External, digunakan untuk memperkuat daya pancar. Antena ini bisa dirakit sendiri oleh client (user), misal : antena kaleng.

Keuntungan & Kekurangan  dari ”Wireless Fidelity (Wi-Fi)
Keuntungan wireless(Wi-Fi):
1.    Pemakai tidak dibatasi ruang gerak dan hanya dibatasi pada jarak jangkauan dari satu titik pemancar WIFI.
2.    Jarak pada sistem WIFI mampu menjangkau area 100 feet atau 30M radius.
3.    Perangkat wireless untuk teknologi wireless Wi-Fi ini sudah umum digunakan dan harganya sudah menjadi relatif murah.
4.    Sebagian besar notebook tipe terbaru sudah dilengkapi dengan perangkat network wireless dengan teknologi Wi-Fi ini.
5.    Area jangkauan yang lebih fleksible dikarenakan tidak dibatasi oleh jaringan distribusi seperti bila menggunakan kabel UTP maupun fiber optic. Secara teoritis dengan daya pancar 100mW sudah dapat menjangkau area (berbentuk lingkaran) 1 – 2 km didukung dengan tinggi tower yang memadai.

Kekurangan Wireless (Wi-Fi) :
1.    Untuk menggunakan WiFi kita harus ada di area yang dijangkau oleh WiFi atau   istilahnya ‘hotspot’.
2.    Area jangkauan WiFi masih kecil, sinyalnya kurang bisa menembus tembok.
3.    Access Point lebih mudah disusupi virus.
4.    Pertukaran data gampang disadap.
5.    Penggunaan baterai relative lebih tinggi apabila dibandingkan dengan penggunaan standar, sehingga   menyebabkan baterai cepat lemah atau habis (mempersingkat daya tahan baterai) dan menyebabkan panas.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar